Jumpa lagi sobat blogger, hari ini Mas Yoga akan melanjutkan pembelajaran SEO BAB 3. BAB 3 ini kita akan mempelajari " Cara  Riset Kata...

Pentingnya Riset Kata Kunci untuk Meningkatkan Traffic Blog



Jumpa lagi sobat blogger, hari ini Mas Yoga akan melanjutkan pembelajaran SEO BAB 3. BAB 3 ini kita akan mempelajari "Cara Riset Kata Kunci dan Analisa Kompetisi biar lebih relevan digoogle".
Sebelumnya di BAB 1 dan BAB 2 kita sudah mempelajari Konsep dasar SEO dan Mengomptimasi on page di search engine.
Bagi yang belum mempelajarinya silahkan dibaca dulu BAB 1 dan BAB 2.
Oke mari kita bahas BAB 3!
Riset Kata Kunci dan Analisa Kompetisi
BAB 3 RISET KATA KUNCI DAN ANALISA KOMPETISI
Sebelumnya, Apa itu riset kata kunci (keyword research) dan apa pula yang dimaksud dengan analisa kompetisi?
Riset kata kunci yaitu user melakukan pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci atau keyword.
Analisa Kompetisi yaitu mesin akan memberikan hasil yang relevan dengan kata kunci yang dimasukkan user tersebut.
Hasil relevan ini belum tentu sesuai dengan yang diharapkan pihak user. Akan tetapi hasil yang ditampilkan akan muncul sesuai dengan keyword yang dimasukkan user.
Mas Yoga, Apakah keyword dapat otomatis melakukan riset kata kunci di google?
Tentu bisa!
Dengan bantuan tool dari Google, kita bisa melakukan riset untuk mendapatkan kata kunci yang populer atau yang kompetisinya rendah.
Pentingnya riset kata kunci
Di awal-awal karir Mas Yoga sebagai Blogger, karena belum mengerti tentang riset kata kunci saya membuat artikel dengan topik yang tidak ada pencarinya. Mas Yoga heran, padahal artikel itu ada di peringkat 1 hasil pencarian Google tapi kenapa tidak mendapatkan traffic?
Apakah terkena Google Sandbox? Atau belum di sumbit ke Google Webmaster Tools?
Baru setelah saya mengerti tentang riset keyword saya sadar bahwa kata kunci yang saya incar tidak ada yang mencari. Jadi jika blog tidak ada pengunjung, bagaimana bisa blog dapat traffic yang tinggi?
Jadi, riset kata kunci itu penting supaya kita tidak capek-capek membuat artikel lalu akhirnya tidak ada yang membaca.
Percuma menulis banyak! Blog aja sepi pengunjung.
Terus bagaimana cara biar traffic blog naik? Ya harus di Riset keyword! Tetapi Analisa Kompetisi juga penting supaya Google lebih mudah mencari SEO dari blog kita.
Lalu apa yang dimaksud dengan analisa kompetisi?
Untuk blog atau website baru yang pondasi SEO-nya belum kuat, ada kalanya kita perlu mengincar kata kunci yang kompetisinya rendah agar kita tetap bisa muncul di halaman pertama.
BAB 3 ini hanya berupa pengenalan terhadap keyword research dan hubungannya terhadap SEO. Jadi belum memfusikan cara menggunakan Riset Keyword.
Riset keyword dengan Tools Google Adwords (Google Keyword Planner)
Tool favorit saya dalam melakukan riset kata kunci adalah Google Keyword Planner.
Kenapa Mas Yoga lebih suka menggunakan Google Keyword Planner?
Alasannya, karena gratis dan fiturnya lengkap. Selain itu, karena milik Google sendiri tentunya lebih akurat dalam reset kata kuncinya nanti.
Untuk melakukan riset kata kunci caranya cukup mudah:
Riset keyword dengan Tools Google Adwords (Google Keyword Planner)

1.     Masukkan keyword, sobat bisa masukkan lebih dari satu. Untuk memasukkan lebih dari satu kata kunci gunakan koma atau line break. contoh : beli laptop, beli rumah, beli keyboard.
2.     Atur negara target. Kita disini atur sebagai Indonesia saja.
3.     Pilih bahasa. Bahasa yang digunakan dalam blog sobat, Indonesia saja.
4.     Klik ‘get ideas’.
Kemudian sobat akan diarahkan menuju halaman berikut ini :

Dari sini bisa kita lihat bahwa ada 100-1 ribu orang yang mencari dengan kata kunci beli laptop dalam sebulan. Di lain pihak, kalau saya ganti dengan “jual laptop” ternyata hasilnya 100-100 ribu orang , ini artinya yang mencari jual baju lebih banyak daripada beli baju.
Dengan memanfaatkan pengetahuan kita mengenai on-page SEO dari BAB sebelumnya, maka kita bisa mengoptimasi halaman website kita dengan menggunakan kata kunci jual laptop daripada beli laptop.
Karena lebih relevan dengan keyword jual laptop. Di sini apakah sudah paham sobat?
Seperti inilah inti dasar dari riset kata kunci. Bukan berarti mudah, tetapi juga butuh kepandaian dalam mencari keyword dan target.
Mencari keyword dengan persaingan yang rendah
Dalam melakukan riset kata kunci, biasanya kita sebagai pemilik blog/website baru mengincar yang persaingannya rendah. Ini karena website baru biasanya belum memiliki “pondasi” yang kuat sehingga akan kalah kalau bersaingan dengan blog/website besar.
Mencari kata kunci dengan persaingan rendah sangat penting untuk website jenis apapun, blog, toko online, bisnis, dan lain-lain, terutama untuk yang masih baru.
Tetapi menemukan niche dan keyword ini ibarat mencari jarum di tumpukan jerami, susah dan menyita waktu kalau kita tidak mengerti caranya.
Long Tail keyword
Satu lagi yang perlu sobat kenal mengenai riset keyword yaitu long tail keyword atau kata kunci berekor panjang.
Selain kata kunci yang anda cari, Google Keyword Planner juga menampilkan jumlah pencarian dari kata kunci sejenis. Misalnya dari gambar di atas, selain kata kunci beli laptop juga ada yang lain seperti harga laptop, laptop murah, harga notebook, daftar harga laptop, dan lain-lain.
Dari sini, kalau kita mengoptimasi blog/website untuk keyword beli laptop, maka hanya ada 100-1 ribu pencari per bulan. Tapi kalau kita mengoptimasi untuk harga laptop maka total pencariannya adalah 10 - 100 ribu pencari per bulan
Bagaimana sangat tinggi bukan?
Tetapi tentu saja keputusannya balik lagi ke tangan sobat dan sesuai atau tidaknya konten sobat dengan long tail yang ada.
Terakhir, kalau blog/website sobat berupa toko online (e-commerce) atau dimonetisasi dengan produk afiliasi, long tail keyword biasanya memberikan conversion rate lebih besar daripada keyword biasa. Ini karena orang yang menggunakan long tail biasanya niat membelinya lebih tinggi.
Sebagai contoh, orang yang mencari “laptop acer” dengan “beli laptop acer”. Yang pertama biasanya hanya ingin mencari informasi, sementara yang kedua terlihat niatnya ingin membeli.
Bagaimana udah paham kan? atau masih bingung?
Silahkan cari Informasi di sumber lain jika artikel ini masih belum paham. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan kata.
BAB 3 sudah selesai. Selanjutnya kita akan menuju ke BAB 4 yaitu membahas "Content Marketing Sebagai Bagian Utama dari Strategi SEO".
Pembelajaran BAB 4 nanti lebih di rekomendasikan untuk blog/website yang mempunyai niche tentang Marketing (ecommerce).
Jika BAB 3 ini masih belum paham, silahkan bertanya langsnung dengan Mas Yoga di kontak yang sudah ada di halaman blog.
Sampai Jumpa dan Terima Kasih sudah belajar.

0 komentar: